Senin, 17 Juni 2013

Dunia Kehidupan dalam Pendidikan



Pendidikan dalam kehidupan memberikan sebuah dukungan atas pikiran kita dan memaksa kita untuk berpikir atau mempertanyakan suatu hal yang mungkin kurang dimengerti oleh kita. Sehingga hal ini menyadarkan kita akan pentingnya dunia pendidikan dalam kehidupan. Sehingga pendidikan memberi kita kekuatan untuk tidak di perbudak oleh orang lain atas pikiran ataupun dalam tindakan.
Pendidikan kita membuat kita menjadi berwawasan luas. Bahkan, tidak ada waktu yang lebih baik selain untuk memahami dunia pendidikan. Globalisasi telah mengubah dunia menjadi satu kota besar yang tidak ada batasan untuk mendapatkan pengetahuan.
Dunia pendidikan ini sangatlah memperluas akan pengeetahuan akan budaya yang berbeda ataupun peristiwa yang terjadi pada dunia ini. Dengan adanya pendidikan, kita telah di perluaskan dalam dunia pendidikan, sehingga kita tidak terbatas pada Negara kita dan zona tertentu lagi. Kita pun tidak akan terjebak dalam dunia kecil, kita telah keluar dari cangkang yang dimna kita memulai mengeksplorasi dan mempelajari hal – hal baru tentang dunia.
Belajar tentang hal – hal baru dan budaya yang berbeda tidak hanya menambah kosa kata kita, tetapi juga menanamkan dalam diri kita sifat manusiawi.
Sebagai contoh jika kita melihat bahwa masyarakat dibeberapa bagian lain di dunia telah mencoba sesuatu yang baru, maka kita mungkin juga mulai melakukan hal yang sama. Mungkin kita telah terpaksa menghindari mereka sebelumnya, tetapi pendidikan dapat mengubah proses berpikir kita menjadi lebih baik. Karena itu membantu dalam membuat kita lebih toleran dan menerima.
Sehingga pendidikan dapat membentuk dasar dari setiap masyarakat. Hal ini dapat berkaitan dalam pertumbuhan ekonomi, social dan politik dengan perkembangan masyarakat pada umumnya.
Sehingga pendidikan dapat menanamkan pengetahuan yang di perolehnya, diman dibuatnya atas penemuannya dan menerapkan untuk kemajuan masyarakat yang asalnya tidak mungkin menjadi mungkin. Semakin baik kualitas dalam pendidikan, semakin banyak orang – orang yang lebih baikatas pengetahuan yang telah di dapatkannya dengan belajar dan dapat memanfaatkan bahwa pendidikan dapat membuat reformasi yang akan mengarahkan pada sebuah penelitian dan perkembangan atas zaman.
Sangat begitu pentingnya dunia pendidikan dalam kehidupan, sehingga pendidikan menjadikan sebuah konsep yang perlu ditanamkan pada anak – anak di usia dini. Sehingga mereka telah mengetahui bahwa pendidikan tidak hanya berarti pengetahuan ataupun hanya mengenal buku dan tulisan atau hal – hal belajar dengan hafalan dan juga berhitung, tetapi memegang makna yang jauh lebih dalam. Ini berarti membuka pikiran kita untuk mempelajari hal – hal baru dan mengejar suatu mimpi yang telah di cita – citakan oleh kita.
Pendidikan tidak ada batasan untuk setiap orang mencari pengetahuan dalam pendidikan. Sehingga pendidikan memberikan suatu pemahaman yang lebih baik dan mengetahui bagaimana dalam dunia ini hidup dan berpikir.
Pendidikan berkembang ketika seorang individu untuk menjadi dirinya sebagai manusia yang utuh, bukan hanya menjalani hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar